Wednesday, March 6, 2013

Kekurangan dan kelebihan Spin dibandingkan dengan kompetitor


Perbandingan mesin Spin diesel vs kompetitor
- Chevy Spin 1300cc turbo diesel
tenaga 75 PS @4000 rpm / torsi 190 Nm @1750-2500 rpm

- Isuzu Phanter 2500cc diesel
tenaga 80 PS @3500 rpm / torsi 195 Nm @1800rpm

- Toyota Kijang Innova 2500cc diesel
tenaga 102 PS @3600 rpm / torsi 204 Nm @1400 -3200 rpm


“Diesel pada Chevrolet Spin teknologinya telah dikalibrasi sesuai dengan kualitas rata-rata solar di Indonesia. Kami pun punya pengalaman diesel di Captiva. Diesel berteknologi tinggi yang digunakan Captiva telah membayar kepercayaan konsumen di Indonesia. Selain ekonomis dan rendah perawatan,” ungkap Marketing Director GM Indonesia Yuniadi Hartono.
Spin diproduksi di Indonesia menggunakan tenaga kerja lokal dan diklaim lebih dari 80 persen komponen dikirim oleh pemasok dari Indonesia. 20 persen dr produksi Spin di Indonesia rencananya utk diekspor ke luar negri.

Kekurangan dan kelebihan Spin dibandingkan dg kompetitor:
Kelebihan:
- Tersedia yang bertransmisi 6-speed automatic tiptronic utk tipe 1500cc bensin LTZ, transmisi tiptronik ini biasanya hanya terdapat di mobil-mobil kelas premium/ berharga diatas 250 jt.
- Ketebalan pelat bodi  0,8 mm nett (lebih tebal di kelasnya), kompetitornya hanya 0,4 - 0,6 mm
- AC double blower tersedia di atap dengan saluran hingga baris ketiga, power window, central lock, tilt steering sudah tersedia  di semua tipe LS/LT/LTZ
- Tersedia mesin 1300cc turbo diesel common rail transmisi 5-speed-manual, mesin diesel commonrail ini biasanya juga hanya terdapat di mobil-mobil kelas premium
- Untuk SPIN bermesin bensin sudah menggunakan mesin DOHC 16 valve 4 Silinder dan  dual VVT-i  , sementara kompetitor hanya VVT-i.. Mesin Dual VVT-i  meningkatkan performa mesin (menambah tenaga dan torsi), konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit dan emisi gas buang pun bisa diturunkan lagi.

Kekurangan:
- Trim tertinggi LTZ hanya tersedia single airbag
- Power steering hydraulic lebih boros BBM tapi kelebihannya feedback steer lebih akurat dan biaya perbaikan jauh lebih murah
- Kursi baris kedua tidak bisa sliding atau tidak bisa digeser maju mundur shg ruang kaki baris ke tiga tidak bisa disesuaikan, tapi ini bisa diatasi dg modifikasi ringan di tukang jok/bekleding berpengalaman

Fitur plus Spin lainnya
  • Mobil ini mengadopsi primary foldable key with immobilizer (tipe LS/LT/LTZ) and theft deterrent (tipe LT/LTZ). Artinya bentuk ujung kunci ini bisa dilipat atau tersimpan masuk ke dalam bodi utama kunci, plus dilengkapi immobilizer.
  • Sistem anti-maling atau theft deterrent kerjanya melibatkan sensor-sensor yang dapat memberi perintah kepada ECU atau komputer pengatur pada mobil, sehingga bisa mencegah maling masuk ke kabin dan menjalankan mobil.
    Misalnya, jendela elektrik terkunci, atau bahkan untuk perangkat yang sudah cukup canggih, mesin akan mati jika sensor mendapati gerak pengemudi maling mencurigakan.
  • Di tipe LT/LTZ head unit 2DIN dilengkapi Bluetooth. Dengan aplikasi itu memudahkan dan aman dalam menggunakan telepon genggam serta memutar koleksi lagu dari multimedia, baik BlackBerry maupun iPhone.

Poin plus Spin lainnya saat test drive
1. Kabinnya senyap
2. Kualitas audio bagus
3. Luas kabin baris ke1 lapang.
4. Suara mesin halus.
5. Pandangan ke depan untuk pengemudi luas.
6. Handling bagus, suspensi lebih stabil walau di kecepatan tinggi.
7. Jok kursi berbahan tebal dan berkualitas baik.

Baca Juga :