Bila 2 tahun sebelumnya liburan dengan city car, sekarang saya
mendapatkan MPV yang baru saja meluncur di Indonesia. Asyiknya lagi,
Chevrolet Spin yang saya pakai adalah bermesin diesel.
Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder 1.248 cc yang bertenaga 75 dk
dengan torsi puncak 190 Nm. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan
transmisi manual 5-speed.
Tendangan torsi besar sudah dirasa sejak awal. Hal ini modal yang
menyenangkan karena dalam perjalanan kami ini melalui banyak jalan
menanjak di daerah Lembang dan Kuningan.
Di Lembang, tepatnya di Kampung Gajah, saya dan keluarga melakukan
beberapa aktivitas. Mulai dari main sepeda air, naik delman hingga
memetik strawberry yang kemudian kami buat jus untuk diminum
bersama...suegeeernya.
Sementara di Kuningan saya mengunjungi tempat wisata Cibulan. Konon,
ini adalah petilasan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang terkenal, yang
memiliki 7 sumber mata air.
Hal menarik lain di Cibulan adalah pemandian bersama ikan Kancra Bodas
atau Ikan Dewa. Ikan yang jinak yang menurut legenda merupakan jelmaan
serdadu-serdadu pembangkang yang dikutuk Prabu Siliwangi.
Walau perjalanan cukup jauh dan melelahkan. Dua buah hati saya tetap
gembira sepanjang perjalanan. Soalnya, kabin Spin yang luas bisa
menyediakan ruang yang cukup bagi mereka berdua untuk bermain dan
beristirahat.
Apalagi kemampuan peredam kejut Spin patut diacungi jempol karena
menyuguhkan bantingan suspensi yang empuk. Sehingga jalan “keriting” dan
berlubang bisa dilalui dengan nyaman.
Konsekuensi dari suspensi empuk adalah timbulnya body roll dan
understeer saat Spin diajak menikung cepat 70-80 km/jam. Namun, gejala
yang muncul masih wajar. Mengingat kodrat mobil ini sebagai MPV yang
mampu mengangkut 7 orang penumpang.
Oh ya, setir Spin model palang tiga juga nyaman digenggam. Saat melaju
kencang atau menikung cepat ia memberikan feedback yang baik kepada
pengemudi. Cuma saja putaran setir saat manuver parkir sedikit lebih
berat dari mobil sekelasnya.
Setelah berwisata selama 2 hari, kami kembali lagi Jakarta. Nah, di
sini rute yang dilahap Spin Diesel adalah jalan Jakarta yang sepi karena
ditinggal mudik mayoritas penghuninya. Saya pun banyak menghabiskan
waktu untuk bersilahturahmi dengan keluarga besar dan mengajak anak-anak
jalan-jalan atau mengunjungi lokasi wisata di Jakarta.
TIPS HEMAT BBM
Kecepatan Tak Lebih Dari 100 km/jam
Chevrolet Spin Diesel memiliki torsi yang besar, 190 Nm yang sudah
tersedia sejak 1.750-2.500 rpm. Output ini bisa dimanfaatkan untuk
menghemat BBM. Saat kondisi stop and go, tak perlu injak pedal gas untuk
menggerakkan mobil. Cukup angkat pedal kopling secara perlahan, dan
mobil akan menggelinding dengan mulus.
Sementara saat melaju di jalan bebas hambatan, kami menjaga kecepatan
di 100 km/jam dengan putaran mesin 2.200 rpm. Dengan posisi gigi 5, ini
akan memberikan efisiensi BBM paling optimal saat cruising.
( sumber : autobild.co.id )